Cara Menghitung Jumlah Data Pada Table Di MySQL

Posted by




Halo teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Cara Menghitung Jumlah Data Pada Table. Terkadang kita jumpai kondisi dimana kita perlu mengetahui jumlah data di dalam table pada sebuah database, contoh untuk mengetahui jumlah member, mengetahui jumlah transaksi dan lain-lain.
Untuk keperluan seperti itu, saya akan menjelaskan cara-cara yang bisa teman-teman pilih sesuai kebutuhan. berikut penjelasannya:

Penjelasan:

MySQL telah menyediakan fungsi count() untuk mengetahui jumlah data dari sebuah table maupun query, dan perlu dipahami bahwa data dari sebuah query tidak selalu berarti jumlah data dalam sebuah table. Lalu kita akan menggunakan fungsi dari MySQL di PHP yaitu mysqli_num_rows().
Lalu cara terakhir adalah yang paling sering digunakan, namun tidak efektif yaitu dengan mengambil seluruh data dari query ke dalam sebuah variable seperti array(), dan kemudian menghitung jumlah isi dari array tersebut. Kenapa tidak efektif? Jika query yang ingin kita hitung jumlahnya dan ternyata hasilnya tersebut ternyata sudah mencapai 1 juta record. Berapa banyak memory yang harus terpakai untuk menampung data-data tersebut? Jawabannya tergantung dari bagaimana struktur data per-record.
Nah dari ketiga penjelasan diatas, saya akan memberikan contoh untuk scriptnya:
<?php
mysql_connect('localhost', 'username', 'password');
mysql_select_db('database_name');
 
$table = "table_name";
 
// Cara 1
$sql = "SELECT count(*) AS jumlah FROM $table";
$query = mysql_query($sql);
$result = mysql_fetch_array($query);
echo "Jumlah data dengan fungsi MySQL count(): {$result['jumlah']} <br/>";

// Cara 2
$sql = "SELECT * FROM $table";
$query = mysql_query($sql);
$count = mysql_num_rows($query);
echo "Jumlah data dengan mysql_num_rows: $count <br/>";
 
// Cara 3
$sql = "SELECT * FROM $table";
$query = mysql_query($sql);
$data = array();
while(($row = mysql_fetch_array($query)) != null){
    $data[] = $row;
}
$count = count($data);
echo "Jumlah data dari array PHP: $count";
?>

Notes:

Jangan lupa, seluruh contoh di atas adalah menghitung sebenarnya adalah menghitung jumlah data dari hasil query. Karena querynya adalah mengambil seluruh data dari $table, maka bisa dibilang contoh di atas adalah menampilkan jumlah data di dalam $table.

Dari ketiga contoh diatas, teman-teman dapat kembangkan menjadi lebih kompleks, misalnya menghitung data member yang belum aktif, atau menghitung jumlah transaksi yang belum lunas atau yang lainnya. Semoga bermanfaat.


Sumber


Blog, Updated at: Mei 05, 2017

0 komentar:

Posting Komentar


Informasi

Website sedang maintenance ! - 10/9/2018

Gabung Obrolan

Label

Popular Posts

Feature 1